Komparasi Kartu Kredit dengan Jasa Kredivo

  • Wednesday, April 26, 2017
  • By Penulis Cabutan
  • 1 Comments

Kartu Kredit

Yuhuuuu~

Beberapa bulan yang lalu, gue sempet memberi review tentang aplikasi Kredivo yang mampu memberi kemudahan bagi Kamu yang selalu ditolak nggak punya kartu kredit. Untuk Kamu yang belum pernah baca, Kamu bisa lihat di tautan ini.

Nah pada artikel kali ini, gue mau memberikan beberapa perbandingan antara kartu kredit dengan jasa Kredivo. Ohya, kartu kredit yang gue gunakan saat ini adalah Permata Hero Card Visa Classic yang berhasil gue apply bulan Maret lalu setelah ditolak mentah-mentah oleh BCA.

Tentu aja, gue nggak akan bikin review sampai gue ngerasain sendiri gimana user experience-nya (gaya banget sih authornya :v). Gue nggak mau kayak orang-orang yang bikin artikel review tapi isinya ngembat dari mana-mana. Bagi gue, artikel model begitu nggak punya jiwa.

Oke, yuk masuk ke topik!

1. Kemudahan Pendaftaran

Dari kemudahan pendaftaran, keduanya sama-sama mudah. Gue hanya butuh waktu 2 hari untuk apply Kredivo. Sedangkan, untuk apply Permata Hero Card Visa Classic, gue butuh sekitar 3 minggu hingga kartu di tangan. Untuk kartu kredit Permata, kebetulan gue ditelepon oleh Telemarketingnya. Jadi prosesnya mudah.

Untuk berkas-berkas yang diserahkan keduanya hampir mirip. Bedanya kalau kartu kredit gak ada yang namanya menggadaikan rekening seperti Kredivo yang bisa sinkronisasi dengan Klik BCA.

2. Besaran Limit

Besaran limit yang diberikan Kredivo hingga 12 juta rupiah jika mengambil cicilan 12 bulan dan 1.5 juta jika bayar dalam waktu 30 hari. Sedangkan, Permata Hero Credit Card Visa Classic memberikan limit 3 juta rupiah silahkan diatur sendiri. 

Kamu bisa saja mendapatkan limit lebih besar jika besaran gajimu juga lebih tinggi dari UMR.

3, Kemudahan Belanja

Kredivo bisa digunakan di berbagai ecommerce online. Saat ini yang terbesar adalah Bukalapak dan Lazada. Sedangkan, Kartu kredit bisa digunakan secara online maupun offline.

4. Kemudahan Cicilan

Nah, ini sebetulnya yang gue sayangkan antara Kredivo dan kartu kredit. Kredivo baru bisa memberi cicilan 3/6/12 bulan jika belanja di atas 1.5 juta rupiah. Sedangkan kartu kredit untuk pembelanjaan 500 ribu saja sudah bisa dicicil 3 kali dengan bayar jasa 25 ribu dan bunga 0 persen.

Di tambah lagi, jika kita sempat mengambil cicilan di Kredivo sebesar 500 ribu rupiah dan belum dibayar, kita tidak bisa menambah kredit sama sekali. Kita HARUS BANGET MELUNASI kredit pertama. Baru setelah limit kembali, baru kita bisa membeli barang secara kredit lagi.

Sedangkan kartu kredit, selama belum menghajar limit, kita bisa belanja kredit di mana dan kapan pun.

5. Besaran Bunga

Kredivo lebih sadis dari kartu kredit. Di awal kita harus kasih DP dulu, seterusnya bunga flat 2.95% berbeda dengan kartu kredit yang gue pakai. Bunga baru ditetapkan jika pembayaran kredit lebih dari 6 bulan.

Kesimpulan, jika ingin beli yang mahal-mahal bisa banget menggunakan Kredivo karena mereka berani kasih limit besar. Namun, jika belanja hanya sekitaran 3 jutaan lebih baik menggunakan kartu kredit jika sudah punya.

You Might Also Like

1 Komentar

  1. Gue kan pengusaha nih, kalo di itung2 penghasilan sebulan kadang lebih dari 3 kadang kurang. Nah ngajuinnya gimana si ?

    ReplyDelete